3 Cara Mengatasi Komputer Lag/Lemot

Hai semua,
kali ini admin akan membuat artikel tentang cara mengatasi lag dan lemot di PC Kentang. Baik hal yang kalian harus perhatikan adalah spesifikasi dari PC kalian yang meliputi Processor, Jenis dan Besarnya RAM, Penyimpanan dan Kartu Grafis/VGA kalian. dan dalam hal ini mimin akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu mengapa sebuah komputer akan mengalami lag dan solusinya!

Penyebab Komputer Mengalami Lag

  1. Hardware yang sudah outdated 

Jika kamu mengalami lag karena PC kamu sudah berumur, cobalah untuk bersihkan terlebih dahulu PC/Laptop tersebut, pastikan kamu sudah mengganti thermal paste di processor, dan pastikan juga seluruh komponen terbebas dari debu. Mengapa? debu dapat menyebabkan panas didalam laptop sulit keluar dan tentu saja akan menyebabkan overheat, selain itu fan dari laptop juga akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan laptop.

Solusi selanjutnya sudah jelas, yakni upgrade komponen PC kamu ketika pembersihan sudah dilakukan dan masih belum berhasil. Upgrade pada laptop dapat dilakukan dengan mengganti Hardisk dengan SSD. Menambah kapasitas RAM juga dapat dilakukan di beberapa laptop.


2. Adanya virus baik berupa adware maupun malware

Apakah saat kamu membuka google muncul iklan pop up? bila iya dapat dipastikan bahwa komputermu terkena Adware. Solusinya adalah menggunakan antivirus untuk menghapus adware tersebut.
Cobalah buka Task Manager di komputermu, dan lihat  Penggunaan Processor dan RAM terbesar digunakan di aplikasi apa? Bila nama aplikasi tersebut tidaklah jelas, kamu dapat menguninstal aplikasi tersebut.


3. Perhatikan Minimum Requirements dari OS yang kamu gunakan

Bila komputermu tergolong pas-pasan admin sarankan untuk downgrade ke Windows 7. Kenapa ga Windows 10? Well, sebenarnya Windows 10 ga jelek kok, cuma buat beberapa PC Kentang, OSnya udah ga "kentang friendly". Banyak hal yang bikin Windows 7 lebih baik dari Windows 10, salah satunya adalah Windows Updatenya. Kenapa? karena windows update di Win 7 sama sekali ngga maksa user buat update. Berbeda dengan adiknya, Win 10 memaksa user untuk selalu up to date dengan versi windows.

4. Jangan pakai Aplikasi seperti Game Booster atau Optimizer lainnya

Untuk yang ini sebenarnya sedikit Subjektif bagi setiap orang. Ada orang yang suka memakai Game Booster dan ada yang tidak. Mengapa admin sarankan supaya tidak menggunakan Game Booster? Karena pada dasarnya Game Booster tidak menambah performa kamu saat bermain game. Menurut admin Game Booster serta Optimizer lainnya hanyalah placebo belaka.

Kesimpulannya, bila PC kalian mengalami lag/hang cobalah lihat secara fisik dahulu. Apakah fannya bekerja dengan baik? Apakah thermal pastenya sudah pernah diganti? lalu coba kalian cek juga OS yang dipakai, apakah sudah memenuhi minimum requirementsnya? 

Sekian artikel dari F2 Techno hari ini, tunggu artikel mimin selanjutnya tentang tweaking Windows 10 ya! 

Tags:
kenapa komputer lag
kenapa komputer dimatikan hidup lagi
kenapa komputer sering lag
mengatasi komputer lag
cara mengatasi komputer lag
penyebab komputer lag
kenapa pc lag
kenapa komputer di shutdown hidup lagi
mengapa komputer meja tidak lagi dianggap sebagai barang mewah 

Postingan terkait: