Android Atau IOS, Manakah Yang Lebih Baik?

Hai sobat F2,
Kembali lagi nih bersama admin F2 Technology, sekarang kita akan membahas tentang OS Android VS OS iOS. Kedua sistem operasi ini sekarang sudah merajai dunia smartphone di tahun 2020. Admin akan melihat dari perspektif penggunaan sehari-hari sebagai user biasa. Langsung saja kita mulai!
Terungkap, Pengguna Android Lebih Sulit dapat Pasangan daripada ...
1. Update OS
Sekarang OS terbaru android adalah Android 10 (Q) yang rilis resmi pada Pixel series terlebih dahulu. dan iOS terbaru adalah  iOS 13.4 yang dapat digunakan di iPhone 6S keatas, yakni iPhone yang umurnya sudah 4 tahun! Dibandingkan dengan android yang update OS tergantung dari vendor smartphone masing-masing dan tidak pasti diupdate. iOS lebih unggul di sektor ini, bahkan Pixel saja hanya menjamin update Android hingga 3 tahun lamanya.

2. Ekosistem
Bila kamu memiliki iOS, maka kamu sudah membeli dan bergabung dalam Ekosistem Apple, contohnya saja jika untuk mendengarkan musik dengan TWS, maka lebih nyaman menggunakan AirPods dan Apple Music karena kemudahakan koneksinya. Lalu untuk copy paste suatu teks dari iPhone kamu ke Komputer, akan lebih mudah jika menggunakan MacOS.

Berbeda dengan ekosistem android yang terbuka bagi semua vendor. Beberapa vendor seperti Huawei yang sudah terpisah dan tidak lagi menggunakan Google Mobile Services (GMS) sudah mempunyai ekosistem sendiri dan terbebas dari ekosistem milik Google.

3. Optimalisasi Sistem Operasi
iOS dalam hal ini mengoptimalisasi Sistem Operasinya dengan sangat baik terutama di iPhone seri terbarunya. Berbeda dengan iPhone seri lama yang dilambatkan oleh Apple karena isu baterai yang sudah tua, optimalisasi iPhone terbarunya dapat dilihat dari score benchmark iPhone 11 Pro Max yang menjadi raja AnTuTu tahun 2019 lalu.

Android di sisi lain tidak pernah melambatkan software layaknya iPhone, karena jangankan mau dilambatkan, hp-hp lama android kebanyakan malah tidak diberi update sama sekali. Namun beruntungnya banyak vendor sudah memberikan update kepada hp-hp terbarunya. Sekarang persaingan SoC android yang semakin ketat membuat performa android tidak kalah dengan iPhone.

4. Harga
Sudah puas lihat admin memuji iOS? Nah sekarang mari kita memuji Android. Android memiliki banyak lini smartphone mulai dari low end, mid end sampai flagship sekalipun. Kamu dapat menyesuaikan budget dan penggunaan kamu dengan handphone tersebut. 

iOS hanya merilis 1 lini iPhone yakni flagship, bila budget kamu kurang cukup, kamu juga dapat membeli iPhone keluaran lama. Namun admin tidak merekomendasikan karena #MendingAndroid.

5. Kesimpulan
Sesuaikanlah kebutuhan kamu dalam memilih smartphone, banyak lini Android yang sekarang sudah melebihi iPhone seperti Huawei P40 yang melewati iPhone 11 di sektor kamera, S20 Ultra dengan layar futuristiknya dan lain-lain. Namun kelebihan iPhone juga terletak pada User Experience yang diberikan oleh sistem operasi iOS. Sekian artikel F2 pada hari ini, terima kasih sudah membaca!

Tags:
bagus mana android vs ios
bagus mana android atau ios
bagusan mana android atau ios
pilih mana android atau ios
bagus mana android vs iphone
android vs ios mana yang lebih baik

Postingan terkait: